Mau Pasang Karpet Sendiri? Siapkan 4 Hal Ini Dulu!

Berniat mengganti karpet lama di rumah dengan karpet tile? Seperti namanya, karpet tile tersedia bak ubin dengan ukuran lebih kecil dari karpet biasa. Ukuran rata-rata yang tersedia di toko karpet sekitar 50×50 cm, tetapi ada pula yang menyediakan ukuran 100×100 cm. Satu perbedaan mencolok yang akan Anda lihat dari karpet tile adalah penggunaan rug sebagai bahan yang membuatnya tahan lama dan bersifat anti-licin.

Bagaimana cara memasang karpet tile?

Umumnya karpet tile dipasang di ruangan luas seperti lobi hotel dan bioskop. Namun, ukurannya yang ringkas memungkinkan jenis karpet ini dipakai di rumah. Anda juga bisa memasangnya sendiri selama mengikuti prosedur.

Ada dua cara memasang karpet tile yang umum diterapkan, yakni dengan lem khusus dan yang tidak. Lem pada karpet tile diaplikasikan pada bagian-bagian tertentu, sehingga membuatnya gampang dilepas. Selain itu, posisi karpet tile tak akan berubah. Hal inilah yang membuat pemakaian lem lebih sering dijumpai pada pemasangan karpet di tempat publik.

Sementara di rumah atau bisnis skala kecil, karpet tile dapat Anda pasang tanpa lem khusus. Akan tetapi, kedua cara tersebut tetap harus memperhatikan poin-poin penting berikut ini untuk mencegah terjadinya kesalahan.

Memeriksa keadaan lantai

Lantai dengan ubin pecah-pecah bakal menyulitkan pemasangan karpet tile. Permukaan lantai kotor atau lembap juga berpotensi mengurangi kerekatan lem khusus. Pemeriksaan kondisi lantai akan berpengaruh pada hasil akhir pemasangan. Jangan malas untuk membersihkan lantai atau memberi lapisan khusus sebelum Anda menempatkan karpet tile di atasnya.

Susun berdasarkan pola karpet

Pola pada karpet tile memang akan memberikan kesan rapi nan indah pada ruangan. Namun, kalau Anda kurang memperhatikan motifnya, pemasangan bisa terancam berantakan. Dalam hal ini fokus akan berdampak besar terhadap susunan pola karpet tile. Jika memungkinkan, Anda gambar dahulu motif karpet dan jadikan panduan untuk menata karpet tile di permukaan lantai.

Siapkan alat yang dibutuhkan

Berbeda dari karpet gulung yang bisa langsung Anda gelar, pemasangan karpet tile membutuhkan pengukuran akurat. Jadi, siapkan alat-alat yang sekiranya membantu Anda dalam pemasangan. Sebut saja tali, meteran, pisau atau cutter, hingga lem perekat khusus. Minta bantuan pada teman atau kerabat keluarga apabila pemasangan dilakukan pada ruangan yang luas.

Bersihkan setelah pemasangan

Jangan salah, karpet tile juga perlu dibersihkan setelah pemasangan selesai. Caranya? Pakai vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran. Buka jendela ruangan untuk menjaga sirkulasi udara. Kemudian, buat menghilangkan bau dari karpet maupun lem perekat, semprotkan pewangi ruangan yang menyegarkan.

Semoga dengan informasi ini Anda akan lebih mudah memasang karpet tile sendiri serapi mungkin, ya!

Leave a Comment