Pentingnya Memilih Jenis Knot Karpet yang Pas

Karpet tile tentu merupakan produk karpet yang sekarang ini lebih banyak digunakan daripada karpet gulung untuk lantai. Hal ini karena karpet tile berbentuk ubin sama seperti saat Anda memasang tegel lantai. Dari pemasangan seperti ini, tentu penyusunannya lebih mudah dan karpet bisa dikombinasikan menjadi patern yang menarik.

Tapi tahukah Anda bahwa pemilihan karpet tile harus memperhatikan jenis knot-nya? Knot pada karpet adalah bentukan fiber yang melapisi bagian luar karpet. Serabut – serabut pada karpet ini tentu bentuknya berbeda – beda. Ada yang berupa loop (serat dibuat digulung dan melingkar besar – besar) dan ada yang frieze (serta digulung rapat tapi dibiarkan serabutan bentuknya). Knot yang berbeda ini akan menentukan sifat berbeda juga pada karpet.

Jangan salah, jenis karpet tidak selalu tergantung dari bahan yang digunakan. Bentuk knot juga akan berpengaruh pada tekstur dan kemampuan dari karpet tile tersebut. Sebagai contoh, knot dengan bentuk loop akan memiliki tekstur yang lembut tapi memiliki grip yang kuat. Nah, kemampuan ini tentu sangat baik untuk keperluan karpet yang ada di luar kamar mandi.

karpet knot loop
karpet dengan knot loop

Serabut knot ini juga nantinya menentukan cara pembersihan. Knot bentuk loop biasanya biasanya akan membuat kotoran lebih mudah terjebak antara bentuk loop-nya. Bentuk loop ini juga memastikan Anda tidak boleh menggunakan sikat untuk menyingkirkan kotoran tersebut. Jadi untuk serat loop, penggunaan vacuum cleaner lebih dipilih.

karpet knot berber
karpe knot berber

Namun knot lain akan berbeda perlakuannya. Bentuk knot berber yang rapat dan ketat akan lebih sulit menyimpan kotoran. Hal ini karena rongga antar serat yang lebih rapat dan juga tinggi serat yang rata – rata pendek. Walaupun tidak mudah kotor dan mudah dibersihkan, sayangnya tipe knot ini tidak menawarkan kenyamanan banyak. Biasanya karpet tile dengan knot ini digunakan di lantai kantor yang sering diinjak – injak dan bukan sebagai karpet yang digunakan di ruang keluarga untuk santai – santai.

Dari bahasan di atas Anda tentu bisa melihat bagaimana knot ini sangat penting perannya pada karpet. Tapi karena karpet kualitasnya bisa bermacam – macam dari kombinasi knot dan material yang digunakan, Anda juga harus hati – hati memilih. Fiber yang dibuat knot loop pembuat terkadang malah jadi kasar jika bahan yang digunakan memang memiliki sifat kaku dan keras.

Jadi walaupun menggunakan knot bisa mengarahkan Anda pada karpet modular yang baik, selalu konsultasikan pada toko karpet Anda untuk mendapatkan kombinasi yang paling baik. Fungsi karpet tile akan selalu berbeda tergantung dari tekstur dan kelebihan yang dicari, jadi jika kesulitan cari informasi ini, jangan takut untuk menggantungkan pada petugas yang lebih ahli.

Sekian bahasan seputar knot pada tile karpet ini. Mudah – mudahan hal ini dapat berguna bagi Anda!

Bos Karpet,
Toko Karpet Tile Murah Terlengkap.
WA: 0812 8732 6578 Bpk Muklis

Leave a Comment