Kesalahan Pemasangan Karpet yang Harus Dihindari

Tak hanya berfungsi sebagai pelindung lantai, karpet juga berperan besar dalam menjaga nilai estetika interior. Salah memilih pola atau memasangnya akan membuat ruangan tampak sumpek atau kurang nyaman.

Hal ini berlaku juga saat akan memasang karpet tile. Jenis karpet yang terbikin dari rug tersebut telah lama digunakan di perkantoran, hotel, hingga rumah sakit. Namun, beberapa orang menyamakan karpet tile dengan karpet-karpet biasa yang umum dipakai di rumah sampai tak sadar kalau mereka telah melakukan sejumlah kesalahan dalam pemasangan berikut ini.

Lem yang tidak menempel sempurna

Untuk ruangan luas, lem khusus dibutuhkan agar posisi karpet tile tak berubah, terutama kalau nantinya diinjak banyak orang. Sayangnya, orang yang kurang terampil dalam pemasangan karpet cenderung memakai lem dalam takaran salah, entah terlalu sedikit atau kebanyakan. Akibatnya, karpet tile bakal bergeser atau sukar dilepaskan saat posisinya akan dibetulkan.

Lem yang tak merekat sempurna juga disebabkan kondisi lantai lembab atau kotor. Alangkah baiknya Anda membersihkan dan mengeringkan lantai terlebih dulu sebelum memasang karpet tile yang dipesan dari toko karpet. Jika karpet akan ditempatkan pada permukaan beton, Anda bisa tambah lapisan screed untuk menghindari kerusakan.

Posisi miring atau salah ukuran

Anda yang belum berpengalaman membeli karpet tile mungkin bakal melakukan dua kesalahan ini. Pemasangan karpet tile idealnya harus sesuai ukuran, sehingga pengukuran menjadi hal yang wajib Anda lakukan. Perlu diingat bahwa kebanyakan karpet tile disediakan dalam ukuran 50×50 cm, tetapi opsi ukuran lain tersedia dan bisa Anda tanyakan kepada pengelola toko karpet.

Di samping itu, jangan lupa menandai tempat yang sudah diukur menggunakan tali. Langkah ini akan membantu Anda dalam penempatan karpet tile, sehingga tak akan miring atau salah posisi. Kalau karpet yang dibeli mempunyai pola, pastikan Anda menyusunnya sesuai motif. Jangan sampai ada potongan karpet yang salah urutan maupun ukuran.

Dibiarkan tanpa perawatan

Material rug tak dinyana bikin harga karpet tile lebih mahal. Meski begitu, bahan ini yang membuat karpet tile tahan lama dan tak akan membuat Anda terpeleset. Sayangnya, gara-gara faktor itu pula orang-orang yang memilih karpet tile jarang membersihkan atau merawatnya. Padahal pemeliharaan berkala yang membuat karpet tetap bersih dan aman.

Jadi, tak ada alasan bagi Anda buat melakukan perawatan terhadap karpet tile. Dimulai dengan kebiasaan sederhana seperti penyedotan debut memakai vacuum cleaner. Langkah lainnya adalah meminta jasa cleaning service untuk mencucikan karpet secara menyeluruh, khususnya pada karpet yang dipasang di gedung perkantoran, hotel, dan tempat sejenis.

Mudah-mudahan informasi ini membuat Anda lebih peduli dalam pemasangan maupun pemeliharaan karpet tile!

Leave a Comment