Mengenal Karpet yang Fleksibel dan Mudah Dipasang

Dalam beberapa tahun belakangan ini, karpet tile telah menjadi opsi yang sangat populer untuk urusan lantai. Ada beberapa alasan di balik popularitas ini, seperti daya tahannya yang sangat baik, kemudahan dalam pemasangan, dan desain yang sangat fleksibel.

Pada mulanya, karpet tile hanya tersedia dalam satu bentuk saja, yaitu kotak. Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman, lembaran karpet tile dengan bentuk persegi panjang juga menjadi tak kalah populer. Bahkan, bentuk jenis lantai yang satu ini bisa memengaruhi varian pola yang bisa Anda buat.

Misalnya, untuk karpet tile yang berbentuk kotak, Anda bisa memasangnya dengan pola batu bata. Sedangkan untuk yang berbentuk persegi panjang, Anda bukan hanya bisa menampilkan pola batu bata, tapi juga pola herringbone atau anyaman keranjang yang tak kalah populernya. Intinya, Anda bisa bebas mengatur polanya sesuai dengan selera Anda pribadi.

Keunggulan lainnya dari karpet tile untuk memperindah ruangan dan lantai adalah fleksibilitas yang dimilikinya dalam urusan desain. Selain beragam pilihan pola yang bisa dibentuk lewat pengaturan floor tile seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda juga bisa menambahkan aksen unik pada desain yang Anda inginkan. Bahkan, tak jarang tampilan yang disajikan oleh karpet tile tidak bisa ditiru oleh ubin atau jenis lantai lainnya.

Di samping itu, proses pembuatan dan pewarnaan karpet tile juga jadi alasan mengapa desain dan pola yang sangat beragam bukanlah hal mustahil untuk diwujudkan. Terlebih, di era modern seperti saat ini, pewarnaan karpet tile memanfaatkan metode infusi secara digital, sehingga warna bisa ditambahkan secara langsung pada karpet tile yang sudah jadi. Alasan inilah yang sering kali jadi penyebab mengapa tiap lembar karpet tile bisa memiliki motif dan warna yang seragam.

Dalam pemasangannya, rupanya ada beberapa metode yang bisa dilakukan, lho! Misalnya dengan menggunakan perekat bebas kandungan VOC yang berbahaya bagi kesehatan. Apalagi, ada beragam jenis perekat yang tersedia, mengingat tingkat kelembapan tiap ruangan berbeda-beda. Jika Anda akan memilih metode ini, pilih jenis perekat yang sesuai dengan kondisi ruangan. Pasalnya, kelembapan bisa merusak sifat perekat sehingga karpet tile jadi mudah lepas.

Kemudian, ada juga proses pemasangan yang tidak melibatkan perekat sama sekali. Biasanya, alternatif yang satu ini lebih hemat waktu dan biaya, terutama dalam urusan pemasangannya. Di samping itu, karpet tile yang tidak membutuhkan perekat juga berarti bisa dengan mudah diatur kembali pola pemasangannya, atau bahkan dilepas untuk dipindah ke ruangan lain.

Pada dasarnya, karpet tile menawarkan solusi yang bukan hanya mudah, tapi juga indah untuk membuat ruangan jadi nampak lebih menarik dan segar. Dengan pilihan desain, warna, dan pola yang begitu beragam, tidak sulit bagi Anda untuk menciptakan ruangan yang bukan hanya nampak menarik, tapi juga mencerminkan karakteristik Anda. Belum lagi, karpet tile bisa Anda aplikasikan untuk beragam kebutuhan, baik itu gedung kantor, ruang tamu, studio musik, dan sebagainya.

Baca artikel sebelumnya: Kesalahan Pemasangan Karpet Tile yang Harus Dihindari

Leave a Comment