Bagaimana Cara Merawat Karpet? Temukan Jawabannya di Sini!

Karpet tile telah menjadi pilihan populer dalam beberapa tahun belakangan ini, terutama bagi para pemilik rumah yang ingin memasang karpet dengan harga yang lebih ramah di kantong. Di samping itu, karpet tile juga menawarkan desain yang sangat fleksibel dalam pemasangannya karena adanya beragam warna dan motif yang bisa Anda temukan di berbagai toko karpet.

Alasan lain di balik popularitas karpet tile adalah kemudahan dalam perawatannya. Bahkan, untuk ruangan seperti ruang tamu atau keluarga yang selalu ramai sekalipun, karpet tile tidak akan membuat Anda sakit kepala ketika membersihkannya. Hanya saja, kuncinya adalah Anda harus tahu cara yang tepat untuk membersihkan karpet tile.

Tertarik memasang karpet tile di rumah? Berikut ini adalah panduan singkat perawatan karpet tile yang wajib Anda ketahui. Selamat membaca!

Gunakan Vacuum Cleaner

Menyedot debu menggunakan vacuum cleaner pada dasarnya adalah salah satu langkah perawatan utama bagi karpet, termasuk karpet tile. Jadi, pastikan bahwa Anda membersihkan karpet tile dengan penyedot debu secara teratur, minimal sekali seminggu – bahkan lebih untuk ruangan yang selalu ramai digunakan.

Tips Membersihkan Noda pada Karpet Tile

Pertama, sebelum Anda melakukan spot treatment atau membersihkan noda langsung pada area yang kotor, pastikan Anda tahu apa jenis backing karpet tile yang dimiliki. Beberapa jenis karpet tile punya backing yang mengandung bahan bernama bitumen, yang membutuhkan produk pembersih khusus. Kalau tidak, noda berwarna cokelat dari bitumen pada backing karpet tile bisa keluar dan nampak pada serat-serat karpet.

Jika Anda ragu soal produk pembersih apa yang bisa digunakan untuk membersihkan noda karpet tile, Anda bisa coba dulu pada bagian lantai yang tidak terlalu kelihatan untuk melihat apakah ada efek negatif atau tidak.

Jangan pernah gunakan langsung cairan pembersih pada kain karpet tile.

Bersihkan noda pada karpet tile dengan cara menotol-notolnya; menggosok karpet ketika membersihkan noda sangat tidak direkomendasikan karena bagian yang bersih bisa jadi malah mengalami kerusakan.

Selalu bersihkan noda dari luar ke dalam.

Setelah Anda selesai membersihkan noda pada karpet tile, selalu bilas area yang kotor dan telah dibersihkan menggunakan air bersih, terutama jika Anda menggunakan cairan pembersih berbahan dasar air.

Pastikan untuk segera mengeringkan area yang sudah dibilas sesegera mungkin. Cek panduan dari produsen, karena beberapa membolehkan Anda untuk mengeringkan bagian yang basah menggunakan pengering rambut.

Perawatan Menyeluruh Tiap Tahun

Setiap tahun, Anda sangat direkomendasikan untuk membersihkan karpet tile secara menyeluruh, alias deep cleaning. Untuk pekerjaan ini, sebaiknya percayakan saja kepada jasa pembersih karpet profesional untuk memastikan proses pencucian dan perawatan yang tepat, terutama agar karpet dijamin tidak terlalu lembab pada saat dibersihkan.

Baca juga artikel sebelumnya: Mengenal Karpet Tile yang Fleksibel dan Mudah Dipasang

Leave a Comment